Sunday, October 08, 2006

Kata Pengantar

Kata Pengantar

Salah satu pertanyaan yang akan diajukan Allah pada saat Penghakiman Terakhir adalah :” Sejauh mana anda menyukai buku-Ku?” Buku milik Allah adalah Kitab Suci, yang harus kita baca dan hayati sebagai pedoman hidup.

Namun tidak dapat disangkal bahwa begitu kita membuka Kitab Suci, kita akan dihadapkan pada kenyataan bahwa Kitab Suci adalah buku yang sulit untuk dimengerti. Banyak orang berusaha untuk memahami Kitab Suci dengan cara membaca dari awal (Kitab Kejadian) sampai akhir (Kitab Wahyu), namun di sana akan dihadang oleh bab-bab yang sulit, halaman-halaman yang berisi nama-nama dan angka-angka, gaya penulisan yang tidak lazim, serta tebalnya isi Kitab Suci itu sendiri.

Buku A Catholic Guide to the Bible yang sedang anda baca ini dimaksudkan sebagai pedoman untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dalam memahami isi Kitab Suci. Melalui buku ini anda akan diajak untuk mengerti dari mana asalnya Kitab Suci itu. Di sini juga disajikan petunjuk terarah disertai latar belakang informasi dari perikop-perikop pilihan dari setiap kitab yang dibaca.

Selanjutnya, para pembaca akan diajak membahas pelbagai macam topik seperti : bahasa-bahasa yang dipakai dalam Kitab Suci, bentuk-bentuk sastra, sejarah, dan teologi. Sudah barang tentu di sini dibutuhkan waktu dan usaha keras. Seperti halnya siswa yang sedang belajar piano, mula-mula oleh instrukturnya akan diajar bagaimana cara membaca not balok terlebih dahulu untuk kemudian dapat memainkan komposisi piano yang indah. Begitu pula siswa-siswa yang belajar Kitab Suci : pertama-tama harus mempelajari dasar-dasar ilmu kitab suci terlebih dahulu untuk kemudian dapat mengerti dan memahami Kitab Suci.

Siswa-siswa yang belajar piano biasanya dianjurkan untuk berlatih setiap hari. Anda sebagai “siswa” yang sedang belajar Kitab Suci yang menggunakan buku A Catholic Guide to the Bible ini sebagai “pedoman,” dianjurkan untuk menyisihkan waktu setiap hari membaca bebarapa halaman dari buku ini kemudian melihat hubungannya pada rujukan-rujukan dalam Kitab Suci dan menjawab pertanyaan dari Workbook (lihat di bagian belakang dari buku ini). Anda tentunya akan memperoleh manfaat yang tidak sedikit dari metoda belajar seperti ini, ketimbang melalui cara “borongan.”

Dalam menulis A Catholic Guide to the Bible ini, saya berusaha untuk tetap sejalan dengan ajaran-ajaran iman Gereja Katolik. Dalam banyak hal di mana Gereja tidak mengeluarkan pernyataan resmi berkaitan dengan penafsiran Kitab Suci, saya akan berusaha sebaik mungkin untuk menyatakan pendapat saya di dalam batas-batas alasan dan kesetiaan pada dogma Gereja. Rujukan-rujukan yang mengacu pada Katekismus Gereja Katolik akan menggunakan penyebutan seperti : K 1-10, berarti Anda diajak untuk melihat Seksi I s/d X di dalam Katekismus Gereja Katolik (Edisi Indonesia : Para Waligereja Regio Nusa Tenggara, Cetakan II : 1998).

Buku A Catholic Guide to the Bible ini merupakan ajakan untuk mempelajari Kitab Suci. Ia, buku ini, juga merupakan undangan untuk mengarungi “petualangan” : mendengarkan Sabda Allah, membaca setiap kata-kata yang pernah Yesus baca, membuka halaman-halaman yang pernah disentuh (dibaca) oleh para santa dan santo! Yang kesemuanya itu ada di dalam Kitab Suci. Selain itu, buku ini merupakan bujukan untuk menemukan bahwa Kitab Suci adalah merupakan “harta karun” yang menemani kita dalam mengarungi samudera kehidupan. Begitu kita memahami dasar-dasar ilmu kitab suci dan Kitab Suci telah menjadi bagian dari keseharian kita, itu berati bahwa Allah sendiri yang berbicara kepada kita melalui halaman-halaman Kitab Suci.

Dan nantinya kita dapat dengan tepat dan tanpa ragu memberikan jawaban pada Hari Penghakiman : “Oh, buku milikMu Tuhan? Saya sungguh mencintainya. Ia merupakan pedoman bagi saya guna mengenal kehadiranMu!”

ROMO OSCAR LUKEFAHR, C.M.

P.S : Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam penulisan buku ini :………Kepada Romo David Polek, C.SS.R., yang mula-mula menyaranakan penulisan buku ini. Kepada Cecelia Portlock, yang memberikan nasehat dan keahliannya yang sangat berharga. Kepada semua pihak yang telah membaca seluruh naskah dan workbook, utamanya : Frank dan Gail Jones, Delores Lindhurst, dan Kathy dan Dennis Vollink. Semua pihak yang telah membantu tahap-tahap penulisan buku ini : Carol Meyer, Kesey Nugent, Henry dan Jeanne Moreno, Romo John Tackaberry, C.M., Mary Ann Tockzylowsky, Brock dan Kathy Whittenberger, dan Dr. Micahel Wulfers. Kepada Kelas Studi Kitab Suci pada Paroki St. Vincent de Paul di Perryville, Missouri, yang dorongan dan nasehatnya sangat berharga. Kepada adik saya, Joann Lukefahr, D.C., yang telah membentuk Kelas Studi Kitab Suci. Kepada dosen-dosen Kitab Suci saya di seminari, Romo James Fischer, C.M. dan Romo Gilmore Guyot, C.M. Kepada Penny Elder, Cheryl Callier, dan Sherrie Hotop, yang telah membantu edisi kedua dan workbook, dan kepada Kass Dotterweich untuk tugas pengeditan edisi ini. Semoga Berkat Allah menyertai anda semua!

No comments: